Selasa, 27 Desember 2011

Asal Mula Tradisi Menuip Terompet Pada Tahun Baru

,
Setiap acara pergantian tahun atau tahun baru masyarakat diseluruh dunia tak terkecuali dengan masyarakat Indonesia sudah pasti akan merayakanya dengan meniup terompet sebagai tanda bahwa tahun telah berganti. Hal ini seperti telah menjadi tradisi bahwa setiap pergantian tahun pasti raungan bunyi terompet akan terdengar diseantero tempat keramaian yang menjadi pusat perayaan tahun baru.


Namun tidak semua orang mengetahui mulai kapan tradisi meniup terompet saat tahun baru itu dimualai. Sebenarnya Tradisi peniupan terompet diawali oleh tradisi masyarakat yahudi yang membunyikan sejenis alat musik seperti terompet yang bernama shofa untuk menyambut tahun baru yang jatuh pada bulan ketujuh pada penanggalan bangsa mereka.


Tujuan tradisi membunyikan shofar oleh masyarakat yahudi yaitu agar masyarakat yahudi melakukan introspeksi. Shofar rupanaya digolongkan juga sebagai terompet dan bunyinya sangat mirip dengan bunyi terompet kertas yang ada di Indonesia. Sebagai tambahan bahwa terompet diperkirakan sudah mulai ada sekitar 1500 sebelum masehi dan penggunaanya biasanya hanya untuk ritual agama atau untuk kepentingan militer pada saat berperang. kemudian pada saat masa Renaisance hingga saat ini, terompet juga dijadikan sebagai alat musik.

0 komentar to “Asal Mula Tradisi Menuip Terompet Pada Tahun Baru”

Posting Komentar

 

Mira Jaya Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates